Saturday 22 August 2015

Album Preview - Soulfly "Archangel"



Setelah lama tidak mendengarkan musik mereka, Soulfly, merilis album baru tahun ini. Archangel, merupakan album ke 10 dari band ini. Terakhir, menikmati Soulfly di tahun 2000 pada saat album Primitve, jaman SMP dulu. Sempat juga seklias mendengarkan Cavalera Conspiracy, side-project nya Max selain Soulfly.

Soulfly, memang bernyawa di Max Cavalera, tanpa mengecilkan anggota band yang lain. Dan, Om satu ini sudah 20 tahunan di Soulfly. Awalnya, bergabung di Sepultura, ajaibnya, saya malah baru mulai mendengarkan Soulfly tanpa tahu Sepultura.

Kembali ke Archangel, album ini tetap menampilkan Max yang powerful, seperti usianya terhenti, tak bertambah. Tidak ada perubahan dari cara bernyanyi Max, seperti bernafas, sepertinya metal memang menyatu dengan jiwanya.

Musiknya sendiri, karena terakhir saya menikmati Primitive, terasa sangat jauh berbeda. Lebih melodic, dengan effect gospel di beberapa bagian, tempo lebih lambat, namun tetap dengan lirik yang kuat, mengangkat cerita legendaris di dalamnya.

Album ini dibuka dengan We Sold Our Souls to Metal, langsung menghentak dengan dentuman drum ala trash metal, beat cepat dan lirik dinamis, memaksa untuk head-banging saat mendengarkannya. Saya membayangkan, berapa besar circle pit yang akan terbentuk saat lagu ini dimainkan secara live. We Sold Our Souls to Metal, seakan menjadi ikrar sebelum memasuki seluruh album, ikrar bahwa memang metal yang kita inginkan.

Kekuatan akan lirik dalam album ini tergambar jelas pada beberapa lagu yang mengangkat cerita dan lirik religius, dengan mengutip materi pelajaran dari Alkitab. Diantaranya track Sodomites, memasukkan Ezekiel 6:3:47 sebagai lirik intro, menceritakan kehancuran kota Sodom karena perilaku yang penuh dosa. Tema religius yang lain juga disajikan dalam track Bethlehem's Blood, dan beberapa track lainnya.

Ingin musik  dengan beat cepat? Track Deceiver memberikan jawaban. Track berdurasi 2 menit ini, selain We Sold Our Souls to Metal, menyajikan ketukan yang lebih cepat diantara 10 track yang ada di album ini.

Archangel, menyajikan 10 track dalam 1 paket yang padat, berdurasi 45 menit. Musik, mungkin akan terdengar sedikit berubah, dengan eksperimen dan penambahan gospel di sana. Namun, dengan Archangel, Soulfly seakan siap mengembangkan sayap, siap melangkah dan menghipnotis secara mistis lewat musik.



I don't need society
I don't need your politricks
We live our lives the way we want

We sold our souls to metal
We sold our souls

Max Cavalera - We sold our souls to metal

 

No comments:

Post a Comment