Monday 3 August 2015

Another Weekend Story - Chapter.4 - Taman Biota Laut "Mini" Pulau Harapan

Pintu masuk Taman Biota Laut

Namanya Taman Biota Laut, saya tambahkan sendiri "mini" karena memang luasannya yang kecil. Taman ini menyatakan diri sebagai contoh ekosistem laut yang sehat. Karena "mini", biota yang coba ditampilkan sebagai contoh adalah penyu, sehat tentu saja.
 
Yang ada di sini

Lokasinya berada di Pulau Harapan. Tidak jauh dari home stay yang berjajar di perkampungan wisata, tak jauh dari dermaga Pulau Harapan. Hanya perlu berjalan kaki sekitar 20 menit saja untuk tiba di sana. Memang, tidak sebesar pusat penangkaran penyu yang ada di Pulau Kelapa Dua, namun cukup memberi tambahan informasi dan membuka wawasan serta menyuguhkan kelucuan tingkah penyu.

Sesuai dengan namanya, taman ini sangat mini, dengan hanya seluas sekitar 500 m2. Kecil dan sederhana. But, sometimes, actually in this case, size doesn't matter, isn't it?

Anak penyu ditempatkan pada bebeapa bak kecil agar pengunjung bisa melihat dengan dekat anak penyu tersebut. 

Bak penampungan anak penyu



Ingin memegang anak penyu? Di taman ini pengujung juga diijinkan untuk memegang dan mengajak mereka selfie.

Anak penyu, selfie

Pada sisi arah laut dari taman ini, terdapat semacam keramba yang berisi penyu-penyu dewasa berukuran besar. Pengunjung bisa melihat dan ikut memberi makan penyu-penyu tersebut.

Penyu dewasa dalam keramba. Sayang, fotonya kurang begitu jelas.

Taman ini juga dilengkapi dengan informasi menarik tentang penyu dalam bentuk lukisan poster yang ditempel pada dinding-dinding taman. Beberapa diantaranya :
  1. Berapa banyak telur yang bisa dihasilkan pada tiap sarang penyu? Jawabannya, penyu mampu menghasilkan 50 - 150 butir telur di tiap sarangnya. Telur-telur tersebut memerlukan waktu sekitar 2 bulan untuk menetas. 
  2. Dan ternyata, kondisi pasir berperan dalam menentukan jenis penyu dari telur tersebut apabila menetas nanti. Pasir yang hangat akan menghasilkan penyu betina, sedangkan pasir yang lebih dingin akan menghasilkan penyu jantan. 
Tahukah Kamu tentang telur penyu

Selain tentang penyu dan telurnya, salah satu poster yang ditempelkan juga menggambarkan empat kekayan ekosistem yang ada di Kepulauan Seribu secara garis besar.  

Gambaran empat ekosistem Kepulauan Seribu

Menarik. 

Meskipun "mini" dan sederhana, namun taman ini memberikan nilai dan dampak yang sangat positif. Semoga semakin banyak taman-taman kecil yang menambah wawasan tentang ekosistem sekitar kita, agar kita semakin mengenal dan lebih sadar, kita tidak hidup sendirian di sini.


Bila berkunjung ke Pulau Harapan, luangkan waktu untuk berkunjung ke taman "mini" ini.




..and again, Just Enjoyed Weekend

No comments:

Post a Comment